Minggu, 13 Desember 2009

INFORMASI PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA

APAKAH TUNAGRAHITA ITU?

APAKAH PEMAHAMAN YANG KELIRU TENTANG TUNAGRAHITA?

PANDANGAN YANG SALAH (MITOS)
1.Anak tunagrahita memiliki keterbatasan intelektual seumur hidup.
FAKTANYA :
Fungsi intelektual tidak statis. Khususnya bagi anak dengan perkembangan kemampuan yang ringan dan sedang, perintah atau tugas yang terus menerus dapat membuat perubahan yang besar untuk dikemudian hari.

2.Anak tunagrahita hanya dapat mempelajari hal-hal tertentu saja.
FAKTANYA :
Belajar dan berkembang dapat terjadi seumur hidup bagi semua orang. Jadi siapapun dapat mempelajari sesuatu, begitu juga dengan anak tunagrahita.

3.Anak tunagrahita secara fisik kelihatan berbeda dengan anak-anak lain.
FAKTANYA :
Kelompok tertentu, termasuk beberapa dari Down syndrom, memiliki kelainan fisik dibanding teman-temannya, tetapi mayoritas dari anak tunagrahita terutama yang tergolong ringan, terlihat sama seperti yang lainnya.

4.Sebagian besar anak dengan keterbelakangan perkembangan sudah teridentifikasi pada saat bayi.
FAKTANYA :
Dari kebanyakan kasus banyak anak tunagrahita terdeteksi setelah masuk sekolah.

5.Tidak mungkin menggabungkan anak tunagrahita dalam satu lingkungan belajar dengan anak reguler.
FAKTANYA :
Siswa/i dengan masalah intelektual selalu belajar lebih keras dan belajar lebih baik jika mereka berintegrasi dengan siswa reguler.

6.Dari segi tahapan, pekembangan tunagrahita sangat berbeda pada tingkat pemahamannya dibanding dengan “orang normal”.
FAKTANYA :
Mereka berkembang pada jenjang yang sama, tetapi tak jarang lebih lambat.

7.Hasil tes tunagrahita biasanya mempunyai kemampuan paling tidak pada garis batas antara IQ rata-rata dan IQ dibawah rata-rata (borderline), dan tentu kemampuan adaptifnya juga dibawah normal.
FAKTANYA :
Tes IQ mungkin bisa dijadikan indikator dari kemampuan mental seseorang. Kemampuan adaptif seseorang tidak selamanya tercermin pada hasil tes IQ. Latihan, pengalaman, motivasi, dan lingkungan sosial sangat besar pengaruhnya pada kemampuan adaptif seseorang.

8.Siswa-siswi Down Syndrome menyenangkan dan penurut.
FAKTANYA :
Banyak penyandang Down Syndrome menyenangkan dan penurut, tetapi seperti orang kebanyakan baik dengan kelainan atau tanpa kelainan, mereka juga mengalami stres dan bereaksi karena suatu penyebab.

9.Seseorang anak yang telah ter- diagnosa tunagrahita tingkat tertentu, tidak akan berubah selama hidupnya
FAKTANYA :
Tingkat fungsi mental mungkin saja dapat berubah terutama pada anak tunagrahita yang tergolong ringan.

PERISTILAHAN DAN BATASAN-BATASAN TUNAGRAHITA
Peristilahan Tunagrahita(B3PTKSM, p. 19)
§ Tunagrahita merupakan kata lain dari Retardasi Mental (mental retardation)Tuna berarti merugi.Grahita berarti pikiran.
§ Retardasi Mental (Mental Retardation/Mentally Retarded) berarti terbelakang mental.
Tunagrahita sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut:
1. Lemah fikiran ( feeble-minded);2. Terbelakang mental (Mentally Retarded);3. Bodoh atau dungu (Idiot); 4. Pandir (Imbecile);5. Tolol (moron);6. Oligofrenia (Oligophrenia);7. Mampu Didik (Educable);8. Mampu Latih (Trainable);9. Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau Butuh Rawat;10. Mental Subnormal;11. Defisit Mental;12. Defisit Kognitif;13. Cacat Mental;14. Defisiensi Mental;15. Gangguan Intelektual

APAKAH TUNAGRAHITA ITU?
American Asociation on Mental Deficiency/AAMD dalam B3PTKSM, (p. 20), mendefinisikan Tunagrahita sebagai kelainan:

1. yang meliputi fungsi intelektual umum di bawah rata-rata (Sub-average), yaitu IQ 84 ke bawah berdasarkan tes;
2. yang muncul sebelum usia 16 tahun;
3. yang menunjukkan hambatan dalam perilaku adaptif.
Sedangkan pengertian Tunagrahita menurut Japan League for Mentally Retarded (1992: p.22) dalam B3PTKSM (p. 20-22) sebagai berikut:
1. Fungsi intelektualnya lamban, yaitu IQ 70 kebawah berdasarkan tes inteligensi baku.
2. Kekurangan dalam perilaku adaptif.
3. Terjadi pada masa perkembangan, yaitu anatara masa konsepsi hingga usia 18 tahun.

BERAPA JUMLAH PENYANDANG TUNAGRAHITA DI INDONESIA?
Dilihat dari kurva normal, anak yang mengalami tunagrahita adalah mereka yang mengalami penyimpangan 2 (dua) standar deviasi, yaitu: mereka yang ber IQ 70 ke bawah menurut skala Wechsler, sedangkan mereka yang ber IQ antara 71 – 85 termasuk runagrahita borderline (Brown) et. Al., 1996).
Pendapat lain mengatakan, bahwa anak tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ 70 ke bawah. Hallahan, 1988, mengestimasikan jumlah penyandang tunagrahita adalah 2,3 %. Namun pada tahun 1984, Annual Report to Congress menyebutkan 1,92 % anak usia sekolah menyandang tunagrahita dengan perbandingan laki-laki 60% dan perempuan 40% atau 3 : 2.
Pada Data Pokok Sekolah Luar Biasa (p.11, 2003), dilihat dari kelopok usia sekolah, jumlah penduduk di Indonesia yang menyandang kelainan adalah 48.100.548 orang, jadi estimasi jumlah penduduk di Indonesia yang menyandang tunagrahita adalah 2 % X 48.100.548 orang = 962.011 orang.

APAKAH ANAK TUNAGRAHITA MEMPUNYAI KLASIFIKASI?
Pengklasifikasian/penggolongan Anak Tunagrahita untuk keperluan pembelajaran menurut American Association on Mental Retardation dalam Special Education in Ontario Schools (p. 100) sebagai berikut:

1. EDUCABLE Anak pada kelompok ini masih mempunyai kemampuan dalam akademik setara dengan anak reguler pada kelas 5 Sekolah dasar.

2. TRAINABLEMempunyai kemampuan dalam mengurus diri sendiri, pertahanan diri, dan penyesuaian sosial. Sangat terbatas kemampuanya untuk mendapat pendidikan secara akademik.

3. CUSTODIALDengan pemberian latihan yang terus menerus dan khusus, dapat melatih anak tentang dasar-dasar cara menolong diri sendiri dan kemampuan yang bersifat komunikatif. Hal ini biasanya memerlukan pengawasan dan dukungan yang terus menerus.

Sedangkan penggolongan Tunagrahita untuk Keperluan Pembelajaran menurut B3PTKSM (p. 26) sebagai berikut:

1. Taraf perbatasan (borderline) dalam pendidikan disebut sebagai lamban belajar (slow learner) dengan IQ 70 – 85.

2. Tunagrahita mampu didik (educable mentally retarded) dengan IQ 50 – 75 atau 75.

3. Tunagrahit mampu latih (trainable mentally retarded) dengan IQ 30 – 50 atau IQ 35 – 55.

4. Tunagrahita butuh rawat (dependent or profoundly mentally retarded) dengan IQ dibawah 25 atau 30.

Penggolongan Tunagrahita secara Medis-Biologis menurut Roan, 1979, dalam B3PTKSM (p. 25) sebagai berikut:

1. Retardasi mental taraf perbatasan (IQ: 68 – 85).
2. Retardasi mental ringan (IQ: 52 – 67).
3. Retardasi mental sedang (IQ: 36 – 51).
4. Retardasi mental berat (IQ: 20 – 35).
5. Retardasi mental sangat berat (IQ: kurang dari 20); dan
6. Retardasi mental tak tergolongkan.

Adapun penggolongan Tunagrahita secara Sosial-Psikogis terbagi 2 (dua) kriteria yaitu:
1. psikometrik dan
2. perilaku adaptif.

Ada 4 (empat) taraf Tunagrahita berdasarkan kriteria psikometrik menurut skala inteligensi Wechsler (Kirk dan Gallagher, 1979, dalam B3PTKSM, p. 26), yaitu:

1. Retardasi mental ringan (mild mental retardation) dengan IQ 55 – 69.
2. Retardasi mental sedang (moderate mental retardation) dengan IQ 40 –54.
3. Retardasi mental berat (severe mental tetardation) dengan IQ: 20 – 39.
4. Retardasi mental sangat berat (profound mental retardation) dengan IQ 20 kebawah.
Penggolongan anak Tunagrahita menurut kriteria perilaku adaptif tidak berdasarkan taraf inteligensi, tetapi berdasarkan kematangan sosial. Hal ini juga mempunyai 4 (empat) taraf, yaitu:
1. Ringan;
2. Sedang;
3. Berat; dan
4. Sangat Berat.

Sedangkan secara klinis, Tunagrahita dapat digolongkan atas dasar tipe atau ciri-ciri jasmaniah secara berikut:

1. Sindroma Down/mongoloid; dengan ciri-ciri wajah khas mongol, mata sipit dan miring, lidah dan bibir tebal dan suka menjulur, jari kaki melebar, kaki dan tangan pendek, kulit kering, tebal, kasar dan keriput, dan susunan geligi kurang baik.
2. Hydrocephalus (kepala besar berisi cairan); dengan ciri kepala besar, raut muka kecil, tengkorak sering menjadi besar.
3. Microcephalus dan Makrocephalus; dengan ciri-ciri ukuran kepala tidak proporsional (terlalu kecil atau terlalu besar).

APAKAH PENYEBAB TUNAGRAHITA?
Tunagrahita dapat disebabkan oleh beberapa faktor:

1. Genetik.a. Kerusakan/Kelainan Biokimiawi.b. Abnormalitas Kromosomal (chromosomal Abnormalities).c. Anak tunagrahita yang lahir disebabkan oleh faktor ini pada umumnya adalah Sindroma Down atau Sindroma mongol (mongolism) dengan IQ antar 20 – 60, dan rata-rata mereka memliki IQ 30 – 50.

2. Pada masa sebelum kelahiran (pre-natal).a. Infeksi Rubella (Cacar)b. Faktor Rhesus (Rh)

3. Pada saat kelahiran (perinatal)Retardasi mental/tunagraita yang disebabkan olek kejadian yang terjadi pada saat kelahiran adalah luka-luka pada saat kelahiran, sesak nafas (asphyxia), dan lahir rematur.

4. Pada saat setelah lahir (post-natal)Penyakit-penyakit akibat infeksi misalnya: Meningitis (peradangan pada selaput otak) dan problema nutrisi yaitu kekurangan gizi misalnya: kekurangan protein yang diderita bayi dan awal masa kanak-kanak dapat menyebabkan tunagrahita.

5. Faktor sosio-kultural.Sosio kultural atau sosial budaya lingkungan dapat mempengaruhi perkembangan intelektual manusia.

6. Gangguan Metabolisme/Nutrisi.a. Phenylketonuria. Gangguan pada metabolisme asam amino, yaitu gangguan pada enzym Phenylketonuria.b. Gargoylisme. Gangguan metabolisme saccharide dalam hati, limpa kecil, dan otak.c. Cretinisme. Gangguan pada hormon tiroid yang dikenal karena defisiensi yodium.
Secara umum, Grossman et al, 1973, dalam B3PTKSM (p. 24) menyatakan penyebab tunagrahita akibat dari:

1. infeksi dan/atau intoxikasi,
2. rudapaksa dan/atau sebab fisk lain,
3. gangguan metabolisma, pertumbuhan atau gizi (nutrisi),
4. penyakit otak yang nyata (kondisi setelah lahir/post-natal),
5. akibat penyakit atau pengaruh sebelum lahir (pre-natal) yang tidak diketahui,
6. akibat kelainan kromosomal,
7. gangguan waktu kehamilan (gestational disorders),
8. gangguan pasca-psikiatrik/gangguan jiwa berat (post-psychiatrik disorders),
9. pengaruh-pengaruh lingkungan, dan
10. kondisi-kondisi lain yang tak tergolongkan.

BAGAIMANAKAH USAHA PENCEGAHANNYA?
1. Diagnostik prenatal
2. Imunisasi
3. Tes Darah
4. Pemeliharaan Kesehatan
5. Sanitasi Lingkungan
6. Penyuluhan Genetik
7. Tindakan Operasi
8. Program Keluarga Berencana
9. Intervensi Dini.

BAGAIMANAKAH KARAKTERISTIK ANAK TUNAGRAHITA?
Karakteristik anak tunagrahita menurut Brown et al, 1991; Wolery & Haring, 1994 pada Exceptional Children, fifth edition, p.485-486, 1996 menyatakan:

1. Lamban dalam mempelajari hal-hal yang baru, mempunyai kesulitan dalam mempelajari pengetahuan abstrak atau yang berkaitan, dan selalu cepat lupa apa yang dia pelajari tanpa latihan yang terus menerus.

2. Kesulitan dalam menggeneralisasi dan mempelajari hal-hal yang baru.

3. Kemampuan bicaranya sangat kurang bagi anak tunagrahita berat.

4. Cacat fisik dan perkembangan gerak. Kebanyakan anak denga tunagrahita berat mempunyai ketebatasab dalam gerak fisik, ada yang tidak dapat berjalan, tidak dapat berdiri atau bangun tanpa bantuan. Mereka lambat dalam mengerjakan tugas-tugas yang sangatsederhana, sulit menjangkau sesuatu , dan mendongakkan kepala.

5. Kurang dalam kemampuan menolong diri sendiri. Sebagian dari anak tunagrahita berat sangat sulit untuk mengurus diri sendiri, seperti: berpakaian, makan, dan mengurus kebersihan diri. Mereka selalu memerlukan latihan khusus untuk mempelajari kemampuan dasar.

6. Tingkah laku dan interaksi yang tidak lazim. Anak tunagrahta ringan dapat bermain bersama dengan anak reguler, tetapi anak yang mempunyai tunagrahita berat tidak meakukan hal tersebut. Hal itu mungkin disebabkan kesulitan bagi anak tunagrahita dalam memberikan perhatian terhadap lawan main.

7. Tingkah laku kurang wajar yang terus menerus. Banyak anak tunagrahita berat bertingkah laku tanpa tujuan yang jelas. Kegiatan mereka seperti ritual, misalnya: memutar-mutar jari di depan wajahnya dan melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri, misalnya: menggigit diri sendiri, membentur-beturkan kepala, dll.

BAGAIMANA IMPLIKASI PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA?
Pendekatan yang dapat diberikan kepada anak tunagrahita adalah:

1. Occuppasional Therapy (Terapi Gerak)Terapi ini diberikan kepada anak tunagrahita untuk melatih gerak funsional anggota tubuh (gerak kasar dan halus).
2. Play therapy (Terapi bermain)Terapi yang diberikan kepada anak tunagrahita dengan cara bermain, misalnya: memberikan pelajaran tentang hitungan, anak diajarkan dengan cara sosiodrama, bermain jual-beli.
3. Activity Daily Living (ADL) atau Kemampuan Merawat Diri Untuk memandirikan anak tunagrahita, mereka harus diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang kegiatan kehidupan sehari-hari (ADL) agar mereka dapat merawat diri sendiri tanpa bantuan orang lain dan tidak tergantung kepada orang lain.
4. Life Skill (Keterampilan hidup)Anak yang memerlukan layanan khusus, terutama anak dengan IQ di bawah rata-rata biasanya tidak diharapkan bekerja sebagai administrator. Bagi anak tunagrahita yang memiliki IQ dibawah rata-rata, mereka juga diharapkan untuk dapat hidup mandiri. Oleh karena itu, untuk bekal hidup, mereka diberikan pendidikan keterampilan. Dengan keterampilan yang dimilikinya mereka diharapkan dapat hidup di lingkungan keluarga dan masyarakat serta dapat bersaing di dunia industri dan usaha.
5. Vocational Therapy (Terapi Bekerja)Selain diberikan latihan keterampilan. Anak tunagrahita juga diberikan latihan kerja. Dengan bekal keterampilan yang telah dimilikinya, anak tunagrahita diharapkan dapat bekerja.

BAGAIMANA MODEL PELAYANAN PENDIDIKAN UNTUK ANAK TUNAGRAHITA ?
Pelayanan pendidikan bagi anak tunagrahita/retadasi mental dapat diberikan pada:

1. Kelas Transisi.Kelas ini diperuntukkan bagi anak yang memerlukan layanan khusus termasuk anak tunagrahita. Kelas tansisi sedapat mungkin berada disekolah regler, sehingga pada saat tertentu anak dapat bersosialisasi dengan anak lain. Kelas transisi merupakan kelas persiapan dan pengenalan pengajaran dengan acuan kurikulum SD dengan modifikasi sesuai kebutuhan anak.
2. Sekolah Khusus (Sekolah Luar Biasa bagian C dan C1/SLB-C, C1).Layanan pendidikan untuk anak tunagrahita model ini diberikan pada Sekolah Luar Biasa. Dalam satu kelas maksimal 10 anak dengan pembimbing/pengajar guru khusus dan teman sekelas yang dianggap sama keampuannya (tunagrahita). Kegiatan belajar mengajar sepanjang hari penuh di kelas khusus. Untuk anak tunagrahita ringan dapat bersekolah di SLB-C, sedangkan anak tunagrahita sedang dapat bersekolah di SLB-C1
3. Pendidikan Terpadu.Layanan pendidikan pada model ini diselenggarakan di sekolah reguler. Anak tunagrahita belajar bersama-sama dengan anak reguler di kelas yang sama dengan bimbingan guru reguler. Untuk matapelajaran tertentu, jika anak mempunyai kesulitan, anak tunagrahita akan mendapat bimbingan/remedial dari Guru Pembimbing Khusus (GPK) dari SLB terdekat, pada ruang khusus atau ruang sumber. Biasanya anak yang belajar di sekolah terpadu adalah anak yang tergolong tunagrahita ringan, yang termasuk kedalam kategori borderline yang biasanya mempunyai kesulitan-kesulitan dalam belajar (Learning Difficulties) atau disebut dengan lamban belajar (Slow Learner).
4. Program Sekolah di Rumah.Progam ini diperuntukkan bagi anak tunagrahita yang tidak mampu mengkuti pendidikan di sekolah khusus karena keterbatasannya, misalnya: sakit. Proram dilaksanakan di rumah dengan cara mendatangkan guru PLB (GPK) atau terapis. Hal ini dilaksanakan atas kerjasama antara orangtua, sekolah, dan masyarakat.
5. Pendidikan Inklusif.Sejalan dengan perkembangan layaan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus, terdapat kecenderungan baru yaitu model Pendidikan Inklusi. Model ini menekankan pada keterpaduan penuh, menghilangkan labelisasi anak dengan prinsip “Education for All”. Layanan pendidikan inklusi diselenggarakan pada sekolah reguler. Anak tunagrahita belajar bersama-sama dengan anak reguler, pada kelas dan guru/pembimbing yang sama. Pada kelas inklusi, siswa dibimbing oleh 2 (dua) oarang guru, satu guru reguler dan satu lagu guru khusus. Guna guru khusus untuk memberikan bantuan kepada siswa tunagrahita jika anak tersenut mempunyai kesulitan di dalam kelas. Semua anak diberlakukan dan mempunyai hak serta kewajiban yang sama. Tapi saat ini pelayanan pendidikan inklusi masih dalam tahap rintisan.
6. Panti (Griya) Rehabilitasi.Panti ini diperuntukkan bagi anak tunagrahita pada tingkat berat, yang mempunyai kemampuan pada tingkat sangat rendah, dan pada umumnya memiliki kelainan ganda seperti penglihatan, pendengaran, atau motorik. Program di panti lebih terfokus pada perawatan.
Pengembangan dalam panti ini terbatas dalam hal:
1. Pengenalan diri
2. Sensori motor dan persepsi
3. Motorik kasar dan ambulasi (pindak dari satu tempat ke tempat lain)
4. Kemampuan berbahasa dan komunikasi
5. Bina diri dan kemampuan sosial.

DIMANAKAH PELAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA BERADA?

Sekolah Luar Biasa bagian Tunagrahita / SLB - C di seluruh Indonesia
PROVINSI NANGRO ACEH DARUSSALAM
SLB Banda AcehJl. Sekolah, kel. Labui Ateuk Pahlawan, Kec. Baiturrahman, Banda Aceh 23249. Nangro Aceh Darussalam.Telepon : (0651) -
PROVINSI SUMATERA UTARA
SLB – C Karya Tulus Yayasan SetiaJl. Palang Merah N. 15 Medan. Sumatera Utara.Telepon : (061) –
PROVINSI SUMATERA BARAT
SLB Negeri II PadangKec. Koto Tangah, Padang Sarai. Kota Padang. Sumatera Barat.Telepon : (0751) -
PROVINSI RIAU
SDLB Negeri 041Jl. Letnan Boyak, Kel. Bangkinang, Kab. Kampar 28411. Riau.Telepon : (0762) 322703
PROVINSI JAMBI
SLB – ABCD Prof. Dr. Sri Sudewi Maschun Sofyan, SHJl. Letjen Suprapto No.35, Talanaipura 36122.Telepon : (0741) 61979
PROVINSI SUMATERA SELATAN
SLB – C, C1 Karya IbuJl. Sosial Km.5 Kel. Ario Kemuning Ilir Timur, Palembang.Sumatera Selatan.Telepon : (0711) –
PROVINSI BENGKULU
SLB – ABCD Dharma WanitaJl. Melingkar No.1 Panorama, Kel. Cempaka. Bengkulu 38226.Telepon : (0736) -
PROVINSI LAMPUNG
SLB – C, C1 PKKJl. Letkol Endro Suratmin, Sukarame, Bandar Lampung KP. 35131.Telepon : (0721) 780670
PROVINSI BANGKA BELITUNG
SLB – B, C YPACJl. R. S. Bhakti Timah No. 02. Pangkal Pinang 33121Telepon : (0---) 24047
PROVINSI D. K .I. JAKARTA
SLB – A Negeri Persiapan B,CJl. Pertanian Raya, Lebak Bulus, Cilandak. Jakarta Selatan.Telepon : (021) SLB – C, C1 Asih BudiJl. Patra Kuningan XI, Kel. Menteng Dalam, Kec. Tebet.Jakarta 12950.Telepon : (021) -SLB – C, C1 Sumber AsihJl. Proklamasi No. 79, Jakarta Pusat.Telepon : (021) -
PROVINSI JAWA BARAT
SLB – ABC Negeri CiamisJl. Jend. Sudirman No. 191 Ciamis. Jawa Barat.Telepon : (0 ) 774253SLB Negeri CileunyiJl. Pandan Wangi, Cibiru Indah III, Cileunyi, Kab. Bandung. Jawa Barat.Telepon : (022) -
PROVINSI BANTEN
SLB – ABC Al-KhoiriahKampus Al-Khoiriah Citangkil, Kec. Cindawan, Kota Cilegon. BantenTelepon : (0... ) -
PROVINSI JAWA TENGAH
SLB – C, C1 Widya BhakiJl. Supriyadi No.12, Sendang Guo Pendurungan, Semarang. Jawa Tengah.Telepon : (024) -SLB – C Yayasan Pembina SLBJl. A. Yani No. 374A Kerten, Lawean, Surakarta. Jawa Tengah.Telepon : (0272) –
PROVINSI JAWA TIMUR
SLB – C Pembina Tingkat NasionalJl. Dr. Cipto, Gg VIII/32 Lawang, Malang. Jawa Timur.Telepon : (0341) 96414.SLB – BC Negeri GedanganJl. Sedati Km. 2, Gedangan, Sidoarjo. Jawa Timur.Telepon : (031) -
PROVINSI D. I. YOGYAKARTA
SLB – C Pembina Tingkat ProvinsiJl. Imogiri 224, Mendungan, Umbulharjo. D. I. Yogyakarta.Telepon : (0274) 371243.SLB – C Negeri IJl. Bintaran Tengah No.3. D. I. Yogyakarta.Telepon : (0274) 3775539.SLB – C Negeri IIJl. Penembahan Senopati No. 45 D. I. Yogyakarta.Telepon : (0274) 55152.
PROVINSI KALIMANTAN BARAT
SLB – C Dharma AsihJl. Komodor Yos Sudarso, Pontianak. Kalimantan Barat.Telepon : (0561) -
PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
SLB – C NegeriJl. RTA Milono Km. 2,5 Lamhkai, Pahandut. Kota Palangkaraya.Kalimantan Tengah.Telepon : (0514) 34878
PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
SLB – C Pembina Tingkat ProvinsiJl. A. Yani Km.20 Landasan Ulin. Kotib. Banjarbaru. Kalimantan Selatan.Telepon : (0511) 705458
PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
SLB Pembina Tingkat ProvinsiJl. Padat Karya, Sempija. Samarinda. Kalimantan Timur.Telepon : (0541) -
PROVINSI SULAWESI UTARA
SLB Katholik St. Anna Tomohon Palatan IIJl. Raya Tomohon, Minahasa Kp. 95362. Manado. Sulawesi Utara.Telepon : (0431) -
PROVINSI GORONTALO
SDLB GorontaloJl. Kenangan, Ds. Wumialo, Kec. Kota Utara. Gorontalo KP. 961128.Telepon : (0...) - 828235
PROVINSI SULAWESI TENGAH
SLB Negeri MarawolaJl. Anggrek No. 25, Marawola. Palu. Sulawesi Tengah.Telepon : (0451) -
PROVINSI SULAWESI SELATAN
SLB Pembina Tingkat ProvinsiJl. Daeng Tata, Parang Tambung, Makassar. Sulawesi Selatan.Telepon : (0411) 861383
SLB Negeri MakassarJl. Pahlawan, kel. Bulurokeng, Kec. Biring Kanaya, Makassar. Sulawesi Selatan.Telepon : (0411) 90243
PROVINSI SULAWESI TENGGARA
SLB – C YPLBJl. Babalia Waku, Raha Kotabu, Kab. Muna Kp. 93614. Sulawesi Tenggara. Telepon : ( ) -
PROVINSI MALUKU
SLB Kota AmbonJl. Sedap Malam Nani Atas, Ds.Nania, Teluk Ambon 97232. Maluku.Telepon : (0911) –
PROVINSI MALUKU UTARA
SDLB Negeri TernateJl. Rambutan, Kp. Makassar, Kel. Ternate Utara, Kab. Maluku 97224Maluku UtaraTelepon : (0921) -
PROVINSI BALI
SLB – C Yayasan Kerta WiwekaJl. A. Yani Lumuntang Dauh, Puri Karya, Denpasar. Bali.Telepon: (0361) -
PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
SLB Negeri Pembina Jl. Sonokeling, Narmada. Mataram. Nusa Tenggara Barat.Telepon : (0370) –
PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR
SDLB Kab KupangJl. Tim-Tim No.17 – 18 Kelapa Lima, Kupang Utara, Kupang 85228Nusa Tenggara TimurTelepon : (0391) -
PROVINSI PAPUA/IRIAN JAYA
SLB Negeri PembinaWaena, Abepura. Jayapura. PapuaTelepon : (0967) -
U
ntuk informasi lebih l;anjut hubungi:
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALDIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAHDIREKTORAT PENDIDIKAN LUAR BIASAJL. R. S. FATMAWATI, CIPETE, JAKARTA 12410TELP. (O21) 7693262, FAX (O21) 7693263Sumber : www.ditplb.or.id
Email: info@ditplb.or.id

DAFTAR PUSTAKA
1. W. L. Heward, 1996, Exceptional Children, Fifth Edition, Prentice-Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey,.
2. Drs. Munawir Yusuf, M.Psi, 2002, Mengenal Anak dengan Problema Belajar - Makalah, PLB FKIP Universitas Sebelas Maret, Solo – Jawa Tengah.
3. Dr. Mulyono Abdurrachman, Drs. Sudjadi.S, 1994, Pendidikan Luar Biasa Umum, Ditjen Tendik, Depdikbud, Jakarta.
4. K. Weber, S. Bennett, 1999, Special Education in Ontario Schools, Fourth Edition, Highland Press, Thornhill, Ontario, Canada.
5. Departemen Pendidikan Nasional. 2003, Data Pokok Sekolah Luar Biasa (TK, SD, SDLB, SLTPLB, SMLB) Seluruh Indonesia, Dit. PLB

12 Agustus 2009 ~ Rekaman TVRI Sipakatau

Melaksanakan rekaman Program TVRI Sipakatau utk 2 paket dengan menghadirkan IAI Daerah Sul. Sel. dgn Dinas Tata Ruang dan Permukiman Propinsi Sulawesi Selatan yang masing2 diwakili oleh Ir. Muaz Yahya dan Ir. Syahrial Tato. Utk Paket I dengan topik : Aksesibilitas di Makassar. Sedangkan Paket II diisi oleh MI DDI Kalukuang dengan narasumber : dan Ibu Ernawati dengan topik : Inklusi di MI DDI Kalukuang. Pada kesempatan ini MI DDI Kalukuang menampilkan tarian pembuka yang dibawakan oleh 12 org siswa MI.

Jumat, 21 Agustus 2009

SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA

KEPADA SAUDARA - SAUDARA KAMI KAUM MUSLIMIN
DI SELURUH INDONESIA, KHUSUSNYA PARA PENYANDANG CACAT YG BERAGAMA ISLAM.
ATAS NAMA KELUARGA BESAR
PERSATUAN PENYANDANG CACAT INDONESIA
PROVINSI SULAWESI SELATAN
MENGUCAPKAN SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA 1430 H.
SEMOGA AMAL IBADAH DITERIMA OLEH ALLAH SWT.
SEMOGA RAHMAT & HIDAYAH ALLAH SELALU BERSAMA SAUDARA.
AMIEN.
dan
TAK LUPA KAMI MOHON MAAF LAHIR & BATIN
" MINAL AIDIN WAL FAIDZIN "
MAKASSAR, 20 AGUSTUS 2009
Bambang Permadi S.K.

Rabu, 19 Agustus 2009

RAKERNAS VI PPCI DI ASRAMA HAJI BEKASI


29 ~ 31 Juli 2009 ~ Dalam rangka pemberdayaan organisasi & ekonomi penyandang cacat, maka PPCI telah menggelar Rapat Kerja Nasional ( RAKERNAS ) ke 6 PPCI di Asrama Haji Bekasi. Dibuka oleh Dirjen Yanrehsos, Bpk. DR. Sunusi mewakili Menteri Sosial R.I. RAKERNAS diikuti oleh 105 orang peserta dari 22 DPD PPCI. Dari Sulawesi Selatan hadir 5 orang peserta a.l. Hj. Ramlah ( perempuan, tuna rungu ), Rosmiati Guntur ( perempuan, tuna daksa ), Manggo ( pria, tuna daksa ), Muh. Nasir ( pria, tuna rungu ) & Bambang Permadi ( pria, tuna daksa ). DPD PPCI yang hadir a.l. Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jambi, Kepri, Jawa Barat, Yogyakarta, Aceh, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Papua, Sumatera Barat, Lampung dll. Selain DPD-DPD PPCI juga hadir organisasi kecacatan lainnya a.l. HWPCI, PERTUNI, GERKATIN dll.

PELATIHAN DAUR ULANG LIMBAH KERTAS DAN BAHAN ALAMI LAINNYA



26 Juni - 29 Juni 2009 ~ PPCI Sul. Sel. telah mengadakan Pelatihan Daur Ulang Limbah Kertas & Bahan Alami Lainnya dengan pesertanya sebanyak 9 orang yang terdiri atas 8 wanita & 1 pria. Dari 9 orang itu terdiri atas 3 orang tuna rungu, 5 orang tuna daksa dan 1 orang mitra ( non penca ). Pelatihan ini dilaksanakan bekerja sama dengan UD Kerajinan Lima di Jl. Nuri. - Makassar.

ADEK V PROPINSI SULAWESI SELATAN



27 - 28 Mei 2009 Telah berlangsung Pertemuan Aliansi Daerah Eliminasi Kusta ( ADEK ) ke V di Hotel Kenari ~ Kota Pare-Pare. Pertemuan Tingkat Propinsi ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauh mana program penanganan kusta di Sulawesi Selatan dilaksanakan. Kegiatan dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Selatan dengan melibatkan peserta2 dari Dinas-Dinas Kesehatan di 23 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. Ikut menghadiri pertemuan tsb. dari PERMATA yaitu sdr. Andi Amin dan sdr. AlQadri. Juga dari YTLI yaitu sdr. Dody Tumanduk, SH dan dari PPCI Sul. Sel. yaitu sdr. Bambang Permadi. Tak lupa dari Jongaya yaitu Suster Sherly ( maaf kalau salah nama ). Maju terus rekan - rekan PERMATA !! Bravo !!

Sabtu, 02 Mei 2009

SURVEY AKSESIBILITAS DI KAREBOSI LINKS



21 April 2009 ~ PPCI Sul. Sel. bersama Tim Manajemen Pendidikan Inklusi HWPCI Sul.Sel. usai melaksanakan pelatihan aksesibilitas di Hotel Dinasti bagi komite, kepala sekolah Madrasah Ibtidaiyah melakukan kunjungan sekaligus survey aksesibilitas di Karebosi Links. Didampingi oleh Ir. Sujar dari IAI dan diterima oleh Direktur Karebosi Links Ir. Asran Rizali. Karebosi Links adalah Mall satu-satunya di Indonesia yang mengakomodasi aksesibilitas penyandang cacat sejak dari perencanaan. Alhamdulillah, ada satu contoh aksesibilitas yang baik ditiru oleh pembuat kebijakan untuk membangun lingkungan yang akses bagi semua. Terima kasih untuk Manajemen Karebosi Links. Semoga amal anda semua diterima Allah. SWT. Amien.

Jumat, 17 April 2009

15 April 2009 ~ PERAN MGMP KESENIAN BAGI PLB DI ACARA SIPAKATAU TVRI SULSEL


PPCI SUL.SEL. dalam kerjasamanya dengan TVRI SUL.SEL. dengan mengusung program SIPAKATAU setiap bulan dan kali ini menampilkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran ( MGMP ) Kesenian bagi Pendidikan Luar Biasa . Tampil sebagai narasumber yaitu : Ibu Nurniyati S.Pd, M.Pd. dan Pak Yusuf, S.Pd. Topik talkshow : PERAN MGMP KESENIAN BAGI PLB di Makassar. Sebagai pembuka tampil group paduan suara MGMP dengan lagu Sulawesi Parasangan ta dan pada penutup menampilkan lagu KEMESRAAN. Yah ... semoga kemesraan tetap terjalin dengan tulus tanpa basa-basi. Amien ....

6 ~ 15 April 2009 ~ PELATIHAN KREATIFITAS MODIFIKASI KENDARAAN YANG AKSESIBEL BAGI PENYANDANG CACAT

PPCI Sul. Sel. bekerja sama dengan PSBD Wirajaya Makassar telah mengadakan Pelatihan KREATIFITAS MODIFIKASI KENDARAAN YANG AKSESIBEL BAGI PENYANDANG CACAT pada tgl. 6 ~ 15 April 2009 bertempat di Ruang Elektronika PSBD Wirajaya Makassar. Diikuti oleh 8 orang peserta, 1 diantaranya wanita penyandang cacat. Materi pelatihan diberikan oleh Bambang Permadi dan Mizraim Manu.



Adapun tujuan pelatihan a.l. :
1. Membangunkan dan membangun kreatifitas penyandang cacat dalam memodifikasi kendaraan yang aksesibel bagi penyandang cacat.
2. Membangun peran serta penyandang cacat akan pentingnya memelihara lingkungan hidup.
3. Membangun kesadaran mandiri melalui kemandirian mobilitas.
Metode Pelatihan bersifat lebih banyak praktek dan partisipatif.


Adapun tahapan pelatihan a.l. :
1. Teori singkat
2. Membuka semua cover kendaraan untuk melihat rangka kendaraan.
3. Menggambar rangka sekaligus menggambar detil rangka beserta ukurannya.
4. Mendesign modifikasi rangka.
5. Menyediakan bahan untuk modifikasi.
6. Membuat rangka modifikasi.
7. Mengubah posisi ban ke posisi modifikasi.
8. Memantapkan modifikasi ( Fitting )
9. Finishing.
10. Trial.

Diharapkan output pelatihan adanya penyandang cacat yang mampu berkreatif dan berinovasi dalam mengatasi kendala di bidang mobilitas/ transportasi. ( bpsk )

25 Februari 2009 ~ Pertemuan Perwakilan Perkampungan Kusta se Kawasan Timur Indonesia

Pada Tgl. 24 Februari 2009 telah berlangsung Pertemuan Perwakilan Perkampungan Kusta se Kawasan Timur Indonesia di Hotel Coklat - Makassar. Pertemuan diprakarsai oleh Yayasan Transformasi Lepra Indonesia ( YTLI ). Dihadiri oleh para penyandang kusta dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Papua dan menghadirkan mantan penyandang kusta dari Serang Banten. Ketua PPCI Sul.Sel. ikut hadir bersama sdr. Hetty Walangare ( Wkl. Sekretaris HWPCI Sul. Sel. ) sekaligus juga memberikan kesaksian (testimoni) serta memotivasi peserta pertemuan agar lebih percaya diri untuk maju bersama dan memantapkan organisasi PerMaTa di KTI. Pertemuan yang dihadiri oleh saudara-saudara kita dari Mantan Kusta dan para mitranya sangat membangkitkan gairah berorganisasi dan untuk memajukan kesejahteraan sosial penyandang kusta. Bravo mantan kusta. Maju terus. Loud. Proud and Passionate.

Kamis, 05 Februari 2009

5 Februari 2009 ~ UJIAN PROMOSI DOKTOR DALAM BIDANG HUKUM

Telah berlangsung Ujian Promosi DOKTOR bagi sdr. Saharuddin Daming, SH.MH. di Pusat Kajian Penelitian ( PKP ) UNHAS pada tgl. 5 Februari 2009 jam 10.00 ~ 13.00. Beliau adalah seorang tunanetra pertama yang meraih gelar Doktor dalam bidang hukum, tunanetra pertama yang bukan dosen dan tunanetra pertama yang lulus dengan predikat sangat memuaskan setelah adanya otonomi pada Fakultas Hukum. Diuji oleh 10 orang pakar Hukum bergelar Profesor. Saat ini beliau juga menjabat sebagai Anggota Komisi Nasional HAM.

SELAMAT KPD SDR. DR. SAHARUDDIN DAMING, SH.MH. SEMOGA ILMU YANG TELAH DIPEROLEHNYA BISA MEMBAWA MANFAAT BAGI BANGSA DAN NEGARA INDONESIA KHUSUSNYA PENYANDANG CACAT. BRAVO !!

31 Desember 2008 ~ PERTEMUAN TIM ADVOKASI KUSTA PROV. SULAWESI SELATAN.

Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan Tim Advokasi Kusta maka dilaksanakan pertemuam Tim dlm rangka membahas pergantian pengurus Tim untuk meningkatkan kinerja Tim. Berlangsung di RS Dr. Tajuddin di Daya Makassar pada tgl. 31 Desember 2008. Pertemuan dipimpin oleh Kepala RS Dr. Tajuddin ( Dr. Rasyidin ). Hadir dalam pertemuan ini a.l. Bpk Djassaria, SH ( Dinas Kessos & Linmas Prov. Sulawesi Selatan ; Bambang Permadi S.K. ( Ketua PPCI Sul. Sel. ) ; Dr. Dedet ( Dinas Kesehatan Prov. Sul. Sel. ) ; Bpk Soetarto ( Dinas Nakertrans Prov. Sul. Sel. ) ; Doddy Tumanduk, SH ( YTLI ) ; Andi Amin ( PERMATA SULSEL ) ; Ibu Andi Asia ( LPP Bone ) ; Wkl. Kepala RS Dr. Tajuddin dan beberapa petugas Kesehatan.

19 Desember 2008 ~ CAPACITY BUILDING BAGI PENGURUS ORSOS PENYANDANG CACAT DI BALAI MUTIARA


Kegiatan berlangsung berkat kerja sama antara PPCI Sul. Sel. Dengan Dinas Kesejahteraan Sosial & Perlindungan Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan. Acara berlangsung pada tgl. 19 Desember 2008 di Balai Mutiara Jl. Nikel Makassar. Pelatihan dibuka oleh Kadis. Kessos & Linmas Drs. Mappagio dengan menghadirkan narasumber Ibu Widji dan Ibu Irwani Pane dari YBKI Makassar. Diikuti oleh 75 orang dari kalangan pengurus2 Orsos Penyandang Cacat di Makassar dan 15 orang lainnya dari non-penca.

1 Desember 2008 ~ TALKSHOW DI TVRI SULSEL DALAM ACARA SIPAKATAU


Kegiatan ini dilaksanakan pada tgl. 1 desember 2008 dalam rangka memperingati Hari Internasional Penyandang Cacat 2008. Hadir dalam talkshow ini Bapak Mulyadi SH. MH. dari Dep. Hukum dan HAM Prov. Sulawesi selatan, Ketua PPCI Sul. Sel. ( Bambang Permadi S.K. ) dan Sekretaris Panitia HIPENCA 2008 sdr. Aan Supriadi, A. Md. Topik bahasan dalam talkshow adalah Peringatan HIPENCA itu sendiri dan tema HIPENCA yaitu issue Ratifikasi Konvensi Penyandang Cacat.

9 Agustus 2008 ~ HOME VISIT KE Kel. LETTE MAKASSAR

Beberapa orang Pengurus PPCI melaksanakan kunjungan rumah ( home visit ) ke Kel. Lette Makassar pada tgl. 9 Agustus 2008. Disana menemui 3 keluarga yang memiliki anak2 penyandang cacat a.l. Keluarga Dg. Tutu, Kelg. Ibu Ati dan Keluarga Bulan dan Fitri.